Selasa, 11 Februari 2014

Bagaimana Memilih dan Memasang AC Yang Benar

Bagaimana Memilih dan Memasang AC Yang Benar
PT. Safari Karya Maju, Dalam memilih AC sebaiknya kita tidak boleh asal-asalan yang penting dingin. Sebaiknya kita juga harus mempertimbangkan beberapa hal misalnya, apakah AC yang kita beli sudah sesuai dengan kebutuhan kita, apakah perawatannya mudah, apa kelebihan dan kekurangan AC yang kita beli, dsb. 
Hal tersebut bisa Anda konsultasikan pada orang yang sudah berpengalaman menggunakan AC atau orang yang mempunyai pengetahuan seputar AC.

Dalam memasang AC juga tidak bisa sembarangan. Agar dapat bekerja secara optimal, dalam pemasangan AC kita juga harus mempertimbangkan beberapa faktor misalnya;  penghalang AC, kemudahan pada saat perawatan atau perbaikan, dsb.

Jenis AC yang beredar di pasaran sangatlah beragam, sehingga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan lebih dalam memasang, merawat, ataupun memperbaikinya. Karena itu ketika membeli AC, kita juga harus memperhatikan teknologi dari AC tersebut untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini Kami sajikan ulasan tentang Tips Bagaimana Memilih dan Memasang AC yang benar :

Bagaimana Memilih AC
yang Benar
Dalam memilih AC bukan sekadar dingin saja. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai kebutuhan kita perlu menyesuaikan dan menyelaraskan luas ruangan dengan kapasitas ukuran (PK) AC yang hendak dipasang. Sebab bila tidak tepat, misalnya terlalu besar, akan menyebabkan pemborosan listrik. Namun bila ukuran AC kekecilan, ruangan tidak dingin. 

Untuk cara pengukuran AC bisa Anda baca disini Cara Menghitung Kebutuhan Kapasitas AC Ruangan.

Untuk jenis, misalnya tersedia, jenis standar, low wattage, hingga inverter. Selain itu, ada teknologi plasma, ion, antibakteri, antijamur, auto cleaning, dan lainnya.
Untuk lebih lengkapnya tentang AC Inverter dan AC Wattage silahkan simak ulasan Kami tentang Perbedaan AC Inverter dan AC Low Wattage.

Jika dilihat dari jenis AC, saat ini AC inverter dinilai paling ideal untuk menyesuaikan kondisi. Sebab AC inverter bisa mengatur kekuatan atau membaca situasi pemakaian. Ketika pertama AC dinyalakan, daya watt dibutuhkan cukup tinggi, namun perlahan-lahan watt turun sampai level terendah, yaitu ketika suhu ruangan sudah tercapai. Sehingga AC bisa lebih hemat energi.
* Dalam memilih AC sebaiknya Anda juga berkonsultasi pada orang yang sudah berpengalaman dan mempunyai pengetahuan seputar AC.

Bagaimana Cara Memasang AC yang Benar
Untuk pemasangan AC, teknisi bisa men-setup kipas dengan kondisi tertinggi, namun untuk temperatur disetting pada posisi terendah. Hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu ;
  • Jarak in door dengan outdoor maksimal 5 meter.
  • Begitu juga dengan panjang pipa, pabrikan merekomendasikan maksimal adalah lima meter.
  • Sedangkan untuk kabel, disarankan jangan ada sambungan. Namun jika terpaksa menyambung, maka disolder dan titik sambungan tidak boleh sejajar.
  • Begitu juga saat pengisian gas, usahakan gas masuk sekitar 50% lebih dulu, dan tabung digoyang-goyangkan. Tujuannya untuk membuang uap air dalam pipa. 
  • Sementara untuk tekanan gas normalnya adalah 140 psi. Meski demikian, ada toleransi hingga ambang batas maksimal 160 psi.
Demikian tips dan trik dari Kami tentang Bagaimana Memilih dan Memasang AC yang Benar. Dengan mengikuti penjelasan diatas, teknisi akan mudah menangani dan melakukan perawatan AC. Terutama AC baru dengan teknologi sensor canggih yang membutuhkan perhatian lebih. Dengan demikian pelanggan akan terlayani dengan baik dan AC lebih awet.

1 komentar:

  1. artikelnya mantab gan saya jadi tau cara memasang ac yang baik dan benar. salam kenal dari Service AC Surabaya, Service AC Sidoarjo

    BalasHapus

PT. Safari Karya Maju
Jl. Sedap Malam 71 Pandaan Lingk. Macanan RT.04 RW.08 Pandaan-Pasuruan, Jawa Timur
Phone : (0343)633704, 7710966
Fax : (0343)633704
safarikaryamaju@gmail.com